PROPOSAL PROGRAM ?PEMBUATAN MEDIA BIOPOND UNTUK PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK SEBAGAI MEDIA PRODUKSI MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (BSF)?

Nama (Individu atau Organisasi): LSM Pelangi Keluarga

Alamat: Kp. Sekejulang, RT 01, RW 02, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung

Latar Belakang:
Sampah organik adalah salah satu jenis sampah yang belum bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Dampak dari pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah organik ini dapat merusak kualitas udara, kualitas air, kualitas tanah, merusak ekosistem, hingga menimbulkan wabah penyakit. Pencegahan pencemaran lingkungan dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini berkembang pesat. Salah satu pemanfaatan sampah organik adalah pembiakan larva lalat ( maggot BSF) sebagai pakan ternak unggas yang mengandung protein yang cukup tinggi. Tingginya harga bahan pakan sumber protein tentu menjadi perhatian lebih bagi peternak karena biaya pakan merupakan komponen terbesar dalam kegiatan usaha peternakan yaitu 50-70%. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan produksi ternak, salah satunya yaitu dengan melakukan riset untuk menghasilkan pakan yang ekonomis dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ternak. Maggot Hermetia illucens dapat dijadikan pilihan untuk penyediaan pakan sumber protein karena lalat ini mudah ditemukan, dikembang biakkan, dan merupakan salah satu jenis bahan pakan alami yang memiliki protein tinggi. Keberhasilan produksi dan kualitas maggot ditentukan oleh media tumbuh, misalnya jenis lalat Hermetia illucens menyukai aroma media yang khas maka tidak semua media dapat dijadikan tempat bertelur bagi lalat Hermetia illucens.

Maksud dan Tujuan:
Mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah organik di masyarakat dan dapat mengasilkan bahan pakan ternak yang dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Tanggal Masuk Proposal:
Apr 10, 2020

Proposal Proyek

Tahap: Pemeriksaan oleh Walikota

Keterangan TU:
proses lebih lanjut

Tanggal Masuk LPJ:
-

Rencana Penggunaan Dana

Dana Proposal Disetujui
Pembuatan Biopond Maggot Rp. 105.000.000,- Rp. 0,-
Total Rp. 105.000.000,- Rp. 0,-

Komentar

comments powered by Disqus