Proposal Permohonan Bantuan Dana Hibah 2011 Masjid Al-Liqo RW 04

Nama (Individu atau Organisasi): DKM Al-Liqo RW 04

Alamat: Jalan Neglawening Komplek Neglasari I RT 01 RW 04 Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung Kota Bandung 40617

Latar Belakang:
Masjid merupakan sarana peribadatan utama bagi ummat islam, baik untuk melaksanakan ibadah mahdoh maupun ibadah ghoer mahdoh. Masjid berfungsi sebagai pusat pertemuan ummat islam dalam berbagai aktivitas, baik aktivitas keagamaan (ubudiyah) maupun aktivitas kemasyarakatan (amaiiah). Oleh karena itu masjid harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan peruntukkannya, sehingga mampu memfasilitasi berbagai kegiatan jamaah. Disamping itu fasilitas yang dimiliki oleh masjid harus memberikan jaminan kenyamanan kepada para penggunanya, sehingga jamaah dapat dengan penuh kekhusuan dalam beribadah dan beraktivitas. Masjid sebagai pusat pembinaan dan pengembangan ilmu keagamaan, perlu dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang memadai sehingga mampu dijadikan tempat menimba ilmu agama, bedah buku, berdiskusi serta pendalaman terhadap ajaran agama. Bertambahnya jumlah anak-anak dari waktu kewaktu sangat perlu untuk difasilitasi ruang belajarnya, disesuaikan dengan kelompok rombongan belajar (rombel). Disamping itu, dipandang amat sangat diperlukan untuk mengayomi anak-anak remaja yang pada saatnya mencapai masa-masa kritis untuk berubah, mudah terombang ambing terbawa arus zaman, dipandang perlu untuk mendapatkan pendekatan khusus, agar tidak mudah terombang-ambing oleh kondisi perubahan zaman yang bersifat modernisasi dan kebebasan. Bertalian dengan itu semua kita merasa terpanggil untuk memenuhi prasarana-prasarana untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kegiatan keagamaan. Dilingkungan Komplek Neglasari RW 04 Kelurahan Pasanggrahan sejak berdirinya komplek tersebut, telah memiliki sarana peribadatan (masjid Al Liqo) dan telah mengalami beberapa kali penyempurnaan, namun saat ini sejalan dengan perkembangan lingkungan dan kependudukan, serta dekatnya dengan penduduk tetangga sekitar yang turut memanfaatkan masjid sebagai tempat peribadatan. Masjid Al Liqo saat ini dirasakan sudah tidak bisa menampung segala kegiatan seperti diuraikan diatas, disamping kondisi fisik pada beberapa bagian masjid sudah sampai pada kondisi yang memerulan perhatian serius, karena ada beberapa kerusakan, yang apabila tidak dengan segera dilakukan perbaikan / renovasi, dikhawatirkan akan merebah kebagian lainnya sehingga menambah parah masjid secara keseluruhan. Untuk melakukan perluasan secara horizontal, lahan yang dimiliki tidak memungkinkan, karena sudah terbangun secara total. Untuk memenuhi tantangan tersebut, maka melalui kesepakatan bersama masyarakat, yang dimotori oleh Pengurus Dewan Keluarga Masjid Al Liqo, berkehendak untuk melakukan renovasi masjid Al - Liqo dengan memperhatikan pada IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang dimiliki, karena secara total rencana pembangunan masjid Al Liqo belum selesai sesuai dengan IMB yang dimiliki. Dan melalui renovasi yang kali ini akan dilakukan, akan menuntaskan rencana yang telah lama dimiliki, walaupun tidak mustahil untuk dilakukan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan kondisi saat ini.

Maksud dan Tujuan:
1. Tersedianya sarana peribadatan yang refresentatif, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna. 2. Termilikinya masjid yang mempunyai arsitektur islami yang menimbulkan daya tarik bagi jamaah penggunanya. 3. Terlindunginya jamaah dari gangguan fisik bangunan, yang mengakibatkan konsentrasi ibadahnya terganggu. 4. Terpenuhinya kebutuhan ruangan untuk menampung berbagai aktivitas pembinaan dan pengembangan keagamaan dan pendidikan. 5. Terpeliharanya fisik bangunan secara keseluruhan dan terhindar dari dampak kerusakan pada bagian lainnya.

Tanggal Masuk Proposal:
Apr 06, 2020

Proposal Proyek

Tahap: Pemeriksaan oleh Walikota

Keterangan TU:
pada pengajuan proposal angka pengajuan total 1.018.289.900

Tanggal Masuk LPJ:
-

Rencana Penggunaan Dana

Dana Proposal Disetujui
PEKERJAAN LANTAI Struktur (Finishing) Lt 2 Rp. 189.879.267,- Rp. 0,-
PEKERJAAN ARSITEKTUR LANTAI (Finishing) lt 22 Rp. 252.317.186,- Rp. 0,-
Total Rp. 442.196.453,- Rp. 0,-

Komentar

comments powered by Disqus